-->

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Saluran Buis Beton

Buis Beton  suatu produk bahan bangunan yg terbuat dari beton dan dibentuk sedemikian rupa maka penampangnya jadi berbentuk satu buah pipa. Buis beton di kenal juga dengan sebutan hong atau  gorong-gorong beton. Material ini dibuat dengan memakai besi tulangan atau pun tidak dengan besi    tulangan. Dalam pemasangan busi beton, harus dilakukan dengan kehati-hatian dan dengan perhitungan yang tepat, dalam pelaksanaan pekerjaan pemasangan saluran buis beton terdapat 5 tahapan yaitu pekerjaan persiapan, Pekerjaan penggalian, pekerjaan pemasangan buis beton, pekerjaan finishing dan analisisKeselamatan dan kesehatan kerja.

Tahapan dalam pekerjaan pemasangan saluran buis beton

1. Pekerjaan persiapan

a). Melakukan pengukuran longitudinal yang berfungsi mencari trase saluran dan batas pembebasan dan pengukuran cross section yang berfungsi mencari elevasi saluran.

b). Setelah menemukan lokasi yang tepat dan lahan galian yang dibutuhkan, selanjutnya mempersiapkan semua yang dibutuhkan seperti tata letak material, peralatan, dan ruang istirahat pekerja.

2. Pekerjaan penggalian

Dalam proses penggalian ini, terdapat du acara yaitu menggunakan cara manual (digali oleh para pekerja menggunakan sekop dan pacul) atau menggunakan excavator dengan system trimming slope, yaitu area urugan memakai tanah dari hasil galian. Agar kemiringan lahan yang digali sesuai dengan persyaratan dan kebutuhan, penggalian harus sesuai dengan elevasi cross section.Setelah proses penggalian selesai, membuat lining agar tanah tidak masuk kembali ke dalam galian, Kemudian menutup kembali area galian sehingga elevasi sesuai rencana.

3. Pekerjaan pemasangan buis beton

Dalam pemasangan buis beton dapat dilakukan dengan manual atau menggunakan alat berat seperti excavator yang disesuaikan dengan seberapa dan banyak berat buis beton yang akan dipasang. Dalam pemasangan buis beton dipasang berjajar dan saling disambungkan antara satu dengan yang lainnya. Pertemuan antara buis beton dengan yang lainnya harus disambungkan dengan cara dilas dengan menggunakan pelat penyambung, setelah itu sambungan perlu di nat dengan semen agar lebih kuat.

4. Pekerjaan Finishing

Jika buis beton untuk saluran telah semua terpasang denga sempurna, proses paling akhir adalah melakukan perurugan kembali galian yang ada ditiap samping saluran. Dalam proses perurugan, jangan sampai buis beton yang sudah dipasang bergeser akibat dorongan ketika sedang mengurug dan memadatkan. Kemudian area penggalian untuk buis beton dibersihkan dari semua bekas tanah galian, berbagai material lainnya.

5. Analisis Keselamatan dan kesehatan kerja

a).   Personil

1. Pelaksana
2. Petugas K3L
3. Tenaga Kerja

b). Menggunakan Alat Pelindungan diri ( APD )

1. Sarung Tangan
2. Helm
3. Sepatu Safety
4. Rompi
5. Masker Pelindung

Demikian penjelasan tentang metode pelaksanaan Pekerjaan Saluran Buis Beton
Semoga bermanfaat bagi yang membaca,..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel