-->

Metode Pelaksanaan Pekerjaan balok Lintel

Disini saya akan menjelaskan metode pelaksanaan pekerjaan balok intel

Teknis pelaksanaan pekerjaan

A. Pekerjaan persiapan

1. Pembuatan dan pengajuan gambar shop drawing pekerjaan  balok latei
2. Approval material yang akan digunakan.
3. Persiapan lahan kerja.
4. Persiapan material kerja, antara lain : semen PC,  pasir, split, kaso, multiplek,  besi beton, kawat beton, paku, air, dll.
5. Persiapan alat bantu kerja, antara lain : theodolith, waterpass, meteran, bor listrik, gunting besi, pembengkok besi, gergaji, unting-unting, benang, selang air, dl.

B. Pengukuran

Surveyor melakukan pengukuran dengan theodolith dan memberi tanda (marking) untuk posisi titik perletakan kolom beton praktis dan balok latei.

C. Fabrikasi tulangan

1. Fabrikasi besi beton untuk tulangan dengan mutu, ukuran dan panjang dibuat sesuai  gambar kerja yang telah disetujui. 
2. Fabrikasi besi beton untuk tulangan kolom praktis dan balok latei.
3. Besi beton yang telah difabrikasi diberi tanda sesuai dengan penempatannya, supaya tidak membingungkan pada saat akan dipasang.
4. Posisi besi beton untuk tulangan pada kolom praktis dan balok latei yang belum ada besi stek existing, terlebih dahulu dibuatkan besi stek dengan menggunakan alat bantu  bor listrik.

D. Fabrikasi bekisting

1. Fabrikasi bekesting untuk kolom beton praktis praktis menggunakan bahan dari multiplek dan perkuatan dengan menggunakan kaso.
2. Potong multiplek untuk bekesting kolom praktis dan balok lintel.
3. Pasang bekesting pada lokasi besi beton tulangan kolom praktis dan balok lintel dengan dimensi dibuat sesuai ukuran gambar kerja.
4. Pasang perkuatan/support pada bekesting.
5. Bekesting dipasang harus rapih, siku dan lurus sehingga hasil pengecoran beton dapat menghasilkan bidang yang flat/maksimal. Gunakan waterpass/unting-unting untuk pengecekan.
6. Beton decking dipasang secara merata dan sesuai dengan kebutuhan.

E. Pekerjaan pengecoran beton

1. Sebelum pengecoran terlebih dahulu harus diperiksa kekuatan acuan yang sudah dipasang / difabrikasi, semua ukuran sudah sesuai rencana.
2. Pengecoran beton dilakukan menggunakan beton readymix K-175.
3. Setelah area siap, lakukan pengecoran beton. Tuang adukan beton ke area pengecoran, adukan beton diratakan dan dipadatkan sehingga beton tidak ada sarang tawon/keropos.

Demikian penjelasan tentang metode pelaksanaan pekerjaan balok intel
Semoga bermanfaat bagi yang membaca..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel