METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN PASANG RANGKA PAGAR BAJA RINGAN CNP 0.75
Disini saya akan menjelaskan metode pelaksanaan pekerjaan pasang rangka pagar baja ringan CNP 0.75
Rangka Atap Baja Ringan merupakan struktur pembangun untuk membentuk atap yang terbuat dari bahan baja tipis yang memiliki kekokohan seperti rangka kayu, bahkan lebih kokoh karena anti rayap. Bentuk yang umum berupa Canal C dan Reng yang biasa kita sebut Truss.
Canal C merupakan penahan atau penopang utama dalam rangka. Dinamakan Canal C karena bentuknya menyerupai huruf C yang sengaja di bentuk seperti balok kayu. Sedangkan Reng merupakan pelengkap rangka Canal C yang di gunakan untuk menopang rangka atap pula. Digunakan untuk dikaitkan dengan penutup atap.
Teknis pelaksanaan pekerjaan
A. Persiapan :
Pembuatan dan pengajuan shop drawing pekerjaan pasang rangka pagar baja ringan CNP 0.75.
1. Approval material yang akan digunakan.
2. Persiapan lahan kerja.
3. Persiapan material kerja, antara lain : CNP 0.75, dynabolt, sekrup, dll.
4. Persiapan alat kerja, antara lain : mesin gerinda, scaffolding, waterpass, meteran, selang air, bor listrik, cutting well, benang, dll.
B. Pabrikasi
1. Potong rangka Baja Ringan sesuai ukuran.
2. Bor lubang baut sambungan
3. Join Kuda-kuda baja ringan dengan paku sekrup
4. Buat nomor kuda-kuda baja ringan agar memudahkan sortir pada saat erection.
C. Pemasangan kuda-kuda
1. Mengangkat kuda-kuda secara hati-hati, agar tidak mengakibatkan kerusakan pada rangkaian kuda-kuda yang telah selesai dirakit.
2. Memasang kuda-kuda berdasarkan gambar kerja.
3. Memastikan posisi kiri dan kanan (L-R) kuda-kuda tidak terbalik. Sisi kanan dan kiri kuda-kuda dapat ditentukan dengan acuan posisi saat pekerja melihat kuda-kuda, dengan mulut web dapat dilihat oleh pekerja. Bagian di sebelah kiri pekerja disebut sisi kiri, sedangkan yang berada disebelah kanannya adalah sisi kanan.
4. Mengontrol posisi berdirinya kuda-kuda agar tegak lurus.
5. Mengencangkan kuda-kuda dengan plat L (L bracket), dengan menggunakan 4 buah screw 12 – 14x20HEX.
6. Mengulangi langkah ke – 1 sampai ke – 6 untuk mendirikan semua kuda-kuda, sesuai dengan posisinya dalam gambar kerja.
7. Memeriksa ulang jarak antar kuda-kuda dari as ke as (maksimum 1,2 meter).
8. Memeriksa kedataran (leveling) semua puncak kuda-kuda (Apex), dan memastikan garis nok memiliki ketinggian yangsama (datar).
9. Memasang bracing (pengikat) sebagai perkuatan, jika bekerja beban angin. Bracing dipasang di atas top-chord dan di bawah reng.
10.Memasang reng (roof battens) dengan jarak menyesuaikan jenis penutup atap yang digunakan. Setiap pertemuan reng dengan kuda-kuda diikat memakai screw ukuran 10-16x16 sebanyak2 (dua) buah.
11.Memasang outrigger (gording tambahan setelah kuda-kuda terakhir yang menumpu ring balk). Pada atap jenis pelana, out rigger dapat dipasang sebagai overhang dengan panjang maksimal 120 cm dari kuda-kuda terluar, dan jarak antar out rigger 120 cm. Out rigger harus diletakkan dan di-screw dengan dua buah kuda-kuda yang terdekat.
Demikian penjelasan tentang metode pelaksanaan pekerjaan pasang rangka pagar baja ringan CNP 0.75.
Semoga bermanfaat bagi yang membaca..