-->

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pembongkaran Pasangan Batu Kali

Sebelum saya menjelaskan metode pelaksanaan pekerjaan pembongkaran pasangan batu terlebih dahulu saya menjelaskan pengertian dari pembongkaran.

Pembongkaran merupakan suatu tahapan pekerjaan dalam konstruksi bangunan. Pembongkaran dapat didefinisikan sebagai tindakan perusakan. Ini mungkin termasuk menghancurkan apa-apa tapi lebih sering dikaitkan dengan bangunan.

Bangunan adalah struktur dengan atap, dinding dan berdiri, ia memiliki keberadaan gubuk-gubuk yang lebih permanen. Pembongkaran bangunan disimpulkan sebagai tindakan menghancurkan struktur dengan atap dan dinding. Pembongkaran dapat dinyatakan sebagai tugas yang brutal, tapi diperlukan.

Pembongkaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan kehancuran dalam cara yang terkontrol. Pembongkaran adalah merobohkan bangunan dan struktur lainnya. Pembongkaran kontras dengan dekonstruksi, yang melibatkan mengambil sebuah bangunan terpisah dengan hati-hati menjaga elemen berharga untuk digunakan kembali.

Teknis pelaksanaan pekerjaan pembongkaran pasangan batu

A. Pekerjaan persiapan

1. Pembuatan dan pengajuan gambar shop drawing pekerjaan pembongkaran pasangan batu.
2. Approval material yang akan digunakan.
3. Persiapan lahan kerja.
4. Persiapan alat bantu kerja, antara lain :  bodem, keranjang, linggis, palu, dll.

B. Pelaksanaan pekerjaan

1. Pasangan batu kali/ gunung yang akan dibongkar terlebih dulu diukur bagian mana yang akan dibongkar. Setelah diukur dan mendapat  persetujuan dari Direksi pekerjaan dapat dimulai.

2. Pekerja membongkar pasangan dari bagian atas terlebih dahulu kemudian ke bawah pasangan.

3. Pasangan dibongkar dengan hati-hati menggunakan palu/ bodem, spesi yang melekat pada batu bongkaran dibersihkan dengan cetok, apabila dengan cetok tidak kuat maka dibersihkan dengan dipukul menggunakan palu kecil.

4. Batu kali bekas bongkaran yang sudah dibersihkan dikumpulkan di lokasi yang dekat dengan lokasi yang akan dipasang batu kali bekas bongkaran.

5. Pekerjaan bongkaran pasangan batu/ kali selesai, pekerja membersihkan lokasi dari spesi hasil bongkaran.

6. Material hasil bongkaran harus dibuang keluar lokasi pekerjaan dengan persetujuan Direksi pekerjaan atau sesuai dengan petunjuk dari pemilik pekerjaan.

Demikian penjelasan tentang metode pelaksanaan pekerjaan pembongkaran pasangan batu kali.
Semoga bermanfaat bagi yang membaca..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel