-->

METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN KACA

Disini saya akan menjelaskan metode pelaksanaan pekerjaan kaca.

Lingkup pekerjaan

Pekerjaan ini meliputi pengadaan tenaga kerja, bahan-bahan, biaya, peralatan dan alat-alat bantu yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan ini, hingga  dapat tercapai hasil pekerjaan yang bermutu baik dan sempurna Pekerjaan ini meliputi kaca daun pintu, kaca daun jendela, kaca mati Pekerjaan ini berkaitan dengan (Pekerjaan Kusen, Pintu dan jendela). Kaca adalah benda yang terbuat dari bahan glass yang pipih pada umumnya mempunyai ketebalan yang sama, mempunyai sifat tembus cahaya, diperoleh dari pengambangan (Float Glass). Kedua permukaannya rata, licin dan bening. Digunakan lembaran kaca bening (clear float glass) dan stopsol produk sekualitas ASAHIMAS, MULIA. Kaca tebal minimum 5 mm, atau sesuai perhitungan, digunakan untuk pemasangan pada daerah Interior dan eksterior diseluruh pintu dan jendela kaca Frame, kecuali hal khusus lain seperti dinyatakan dalam gambar. Untuk pintu kaca Frameless, menggunakan produk  sekualitas ASAHIMAS.

Teknis Pelaksanaan Pekerjaan

1. Panjang-lebar; ukuran panjang dan lebar tidak boleh melampaui toleransi seperti yang ditentukan oleh pabrik, yaitu toleransi panjang dan lebar kira-kira 2 mm.

2. Kesikuan; kaca lembaran yang berbentuk segi empat harus mempunyai sudut siku serta tepi potongan yang rata dan lurus. Toleransi kesikuan maksimum yang diperkenankan adalah 1,5 mm per meter panjang.

3. Ketebalan; ketebalan kaca lembaran yang digunakan tidak boleh melampaui toleransi yang ditentukan pabrik, yaitu maksimum 0.3 mm.

4. ketebalan semua kaca terpasang harus mengikuti standard perhitungan dari pabrik bersangkutan, yang antara lain mempertimbangkan penggunaannya pada bangunan, luas/ukuran bidang kaca (cutting size), maupun tekanan positif dan yang akan bekerja pada bidang kaca. Perhitungan ini harus disetujui MK/ Direksi dan Konsultan Perencana.

5. Bahan yang telah terpasang harus dilindungi dari kerusakan dan benturan, dan Buka masking tape, sealant didiamkan

Demikian penjelasan tentang metode pelaksanaan pekerjaan kaca
Semoga bermanfaat bagi yang membaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel