-->

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pemasangan Plafond

Disini akan saya jelaskan tahap-tahapan dalam pekerjaan pemasangan Plafond Kalsiboard/GRC + Rangka Hollow Galvalum 40.40 / 40.20,

Plafon adalah bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi sebagai langit-langit bangunan. Pada dasarnya plafon dibuat dengan maksud untuk mencegah cuaca panas atau dingin agar tidak langsung masuk ke dalam rumah setelah melewati atap. Namun demikian dewasa ini plafon tidak lagi hanya sekedar penghambat panas atau dingin, melainkan juga sebagai hiasan yang akan lebih mempercantik interior suatu bangunan. Plafon biasanya dibuat dengan ketinggian tertentu.

Fungsi Palfond antara lain :

a). Sebagai Penutup Rangka Atap.
b). Sebagai Penutup Rongga / Tempat untuk menyembunyikan beragam Instalasi seperti Instalasi listrik, Instalasi AC, Instalasi Air, Detektor asap dll. Berbagai Instalasi diletakkan / dipasang diatas Rangka
c). Sebagai Tempat untuk menggantung lampu atau lemari gantung. Lampu gantung yang berukuran besar atau lemari gantung biasanya dipasang pada rangaka plafon.
d). Sebagai Insulator Panas. Jika pintu dan jendela berfungsi memasukkan udara. justru menahan, mengikat udara agar tetap berada dalam bangunan.sirkulasi udara yang lancar merupakan kunci menciptakan suhu bangunan yang nyaman. Supaya sirkulasi udara dapat berfungsi maksimal harus diperhatikan tinggi plafon. Berkisar 2,8 hingga 3,8 m. Namun ketinggian plafond bukan factor penentu, merupakan salah satu syarat. Syarat lain seperti memilih bentuk plafon yang tidak menghaambat aliran angin.

Dalam pekerjaan pemasangan Plafond Kalsiboard/GRC + Rangka Hollow Galvalum 40.40 / 40.20 ada 5 tahapan teknis palaksanaan pekerjaan pemasangan plafon diantaranya pekerjaan persiapan, pekerjaan pengukuran, pekerjaan pemasangan rangka hollow galvanis, pekerjaan pemasangan plafond kalsiboard, pekerjaan finishing plafond kalsiboard/GRC.

1. Pekerjaan Persiapan

a). Pembuatan dan pengajuan gambar shop drawing pekerjaan plafond Kalsiboard/GRC.
b). Approval material yang akan digunakan.
c). Persiapan lahan kerja.
d). Persiapan material kerja, antara lain: Kalsiboard/GRC, list gypsum, rangka hollow galvanis, sekrup gypsum, textile tape, compound, air, dll.
e). Persiapan alat bantu kerja, antara lain: theodolith, waterpass, meteran, schafolding, gerinda, gergaji besi, bor screw driver, kape, ampelas, cutter, selang dan air.

2. Pekerjaan Pengukuran

a). Level/peil plafond diukur dahulu dengan menggunakan theodolith dan dibantu menggunakan selang air.
b). Untuk mempermudah pemasangan, titik tetap pengukuran dipindahkan ke dinding atau kolom dengan ketinggian 1 m dari lantai.

3. Pekerjaan Pemasangan Rangka Hollow Galvanis

a). Setelah posisi peil plafond didapatkan, pekerjaan awal adalah pemasangan rangka metal furing pada bagian tepi untuk memperoleh titik tetap plafond.
b). Dilanjutkan pemasangan rangka hollow pembagi yang digantung ke plat beton dengan menggunakan paku beton/penggantung. Perkuatan antara rangka hollow galvanis dengan menggunakan sekrup gypsum.
c). Penempatan jarak rangka hollow galvanis maksimum berjarak 60 cm.
d). Setalah semua rangka hollow galvanis terpasang, lakukan perataan (leveling) dengan menggunakan tarikan benang, setelah itu penggantung bisa dimatikan.

4. Pekerjaan Pemasangan Plafond Kalsiboard/GRC

a). Setelah rangka hollow galvanis terpasang dengan benar, rata dan kuat serta instalasi ME sudah terpasang semua, maka lembaran Kalsiboard/GRC dapat mulai dipasang.
b). Untuk Kalsiboard/GRC, pertemuan diatur secara menyilang.
c). Sebelum pemasangan sekrup pastikan bor sekrup disesuaikan benar, sehingga kepala sekrup hanya masuk sedikit kedalam permukaan lembaran gypsumboard.
d). Tekan ujung sekrup perlahan ke dalam permukaan lembaran gypsumboard sebelum menjalankan mesin bor untuk memasukkan sekrup.
e). Sekrup berfungsi sebagai titik perkuatan dipasang pada jarak maksimal 30 cm.
f). Setelah lembaran Kalsiboard/GRC terpasang semua, cek leveling permukaan plafond.

5. Pekerjaan Finishing plafond Kalsiboard/GRC

a). Untuk Kalsiboard/GRC, sambungan antara pertemuan diberi textile tape dan di compound kemudian digosok dengan ampelas untuk mendapatkan permukaan yang rata/flat.
b). Tutup semua kepala sekrup dengan compound lalu gosok dengan ampelas halus.
c). Setelah plafond selesai terpasang, dilanjutkan dengan pemasangan list gypsum. Untuk list  gypsum dipasang pada pertemuan antara dinding dan plafond.

PELETAKAN PANEL GRC

Material yang dikirim ke proyek telebih dahulu diperiksa secara khusus, apakah sudah sesuai dengan spesifikasi, baik jumlah dan kondisinya harus sesuai dan baik.Tempatkan gypsum board di tempat yang kering dan jauh dari percikan air hujanatau instalasi plumbing (pipa air).

Keselamatan kerja

1.  Pakai sarung tangan
2.  Pakai Sepatu bot
3.  Pakai Helm pelindung kepala

Demikian penjelasan tentang pekerjaan pemasangan Plafond Kalsiboard/GRC + Rangka Hollow Galvalum 40.40 / 40.20.
Semoga bermanfaat bagi yang membaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel