-->

METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN RANGKA ATAP PARKIR

Disini saya akan menjelaskan metode pelaksanaan pekerjaan rangka atap parkir

Teknis pelaksanaan pekerjaan

A. Pekerjaan persiapan

1. Pembuatan dan pengajuan gambar shop drawing pekerjaan rangka atap parkir.
2. Approval material yang akan digunakan.
3. Persiapan material kerja, antara lain : base plate uk.25x25cm, stifner, plat kopel, pipa gip dia 3, pipa gip dia. 21/2, pipa gip dia. 2, besi sling.
4. Persiapan alat bantu kerja, antara lain : meteran, bor listrik, mesin las, mesin potong besi, dll.

B. Pelaksanaan pekerjaan

1. Sebelum memulai pekerjaan dilaksanakan terlebih dahulu pengukuran pada lokasi pekerjaan, pengukuran harus disesuiakan dengan gambar kerja.
2. Pekerjaan  dimulai dengan pembuatan mall  terlebih dahulu untuk  rangka atap  sesuai dengan gambar kerja.
3. Pemotongan semua besi sesuai dengan ukuran, pemotongan besi menggunakan pemotongan model coak.
4. Sebelum dilas lakukan pengerindaan untuk membersihkan kulit kerak bekas pemotongan.
5. Penyambungan las dikerjakan dengan las penuh keliling pipa.
6. Kotoran  bekas  las  yang  tidak  rata  atau  berbintik-bintik  akibat  pembakaran  las  dilakukan pegerindaan  sampai  rata  dan  bersig  dari  kulit  kerak  penlasan, jika  terjadi  lubang  harus dilakukan  pendempulan  sampai  rata  dengan  menggunakan  dempul  besi  , lalu dilakukan pengamplasan pada bagian yang di dempul.
7. Angkur , muur + baut dia 16 mm dipasang pada beton plat dengan base plate uk. 25x25.
8. Base plate  yang akan di bor lakukan pengemalan dengan kondisi beton plat yang telah ditanam angkur.
9. Dilakukan Pemasangan  kolom pipa gip dia. 3  disatukan  dengan  base plate uk. 25x25 tebal 12 mm  dengan  dipasang  angkur  4  sisi sesuaikan dengan gambar.
10.Setelah kolom pipa gip dia. 3 telah terpasang kemudian dipasang pipa Gip dia. 21/2 dengan di baut menggunakan bor listrik sebagai pengaku antar kolom .
11.Kuda- kuda pipa gip dia. 2   yang telah dirangkai, diangkat dan dipasang pada kolom dengan dibaut menggunakan bor listrik.
12.Setelah dipasang lakukan penyambungan gording menggunakan pipa besi galvanis dia . 2  " dengan plat kopel sebagai pengikat antara gording dengan kuda-kuda.
13.Kemudian memasang besi sling dia. 12 mm pada kolom dengan dengan kuda – kuda sebagai pengikat dengan dilas menggunakan mesin las.
14.Kemudian memasang Dop pipa besi dia 2 dan 3 dengan cara dilas menggunakan mesin las dengan jarak sesuai gambar rencana.

Demikian penjelasan tentang metode pelaksanaan pekerjaan rangka atap parkir.
Semoga bermanfaat bagi yang membaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel