-->

Metode Pemasangan Handle Pintu

Disini saya akan menjelaskan metode Pemasangan Handle Pintu

Teknis pelaksanaan pekerjaan

1. Mengukur ketinggian handle pintu

2. Menandai pada bagian mana akan dipasangnya handle pintu

Untuk menandai pintu gunakan dengan pensil ataupun bolpoin agar tidak mudah hilang dan bisa terlihat saat akan dilubangi dengan bor.

3. Proses selanjutnya yakni dengan melakukan pengeboran pada bagian pintu yang sudah ditandai sebelumnya. Setelah dirasa cukup dan pas anda bisa mengebor pada bagian yang sudah ditandai guna memasang pengait (baut) untuk memasangkan handle pintu pada pintuenandai pada bagian mana akan dipasangnya handle pintu.

4. Buat poros untuk memperlebar lubang bekas pengeboran pada proses sebelumnya. Ulangi proses pengeboran ini di sisi lain dari pintu. Fungsi lubang ini nanti adalah untuk menentukan di mana pegangan / handle pintu akan disisipkan dan diaplikasikan.

5. Buat lubang pada bagian samping pintu dengan cara mengebornya setelah memberikan tanda yang tepat dan benar sehingga bisa pas pada tempat yang seharusnya.

6. memasukkan pengait dari pegangan pintu ke dalam lubang yang telah di bor pada sisi samping pintu. Gunakan pensil atau bolpoin untuk menandai dan menggambar di sekitar cover depan. Tandai dengan pola yang jelas agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang dapat merusak bagian-bagian dari pintu anda.

7. Gunakan pahat tajam dan palu pahat untuk membuat lubang pengait. Lakukan pahatan secara perlahan-lahan, hati-hati, dan lakukan dengan teliti agar tidak merusak bagian-bagian dari pintu itu sendiri. Pahat sesuai pola yang sudah ditentukan, sehingga pada saat proses pemasangan pengait tidak kelebaran ataupun kekecilan.

8. Apabila lubang pengait sudah rapi, memasukkan pengait pada lubang tersebut yang ada di sisi pintu / cover depannya. Pastikan pengait sudah terpasang dan duduk dengan pas di lubang pengait agar pengaitnya tidak mudah lepas. Pasang baut pada sisi atas dan bawah pada bagian lubang yang sudah ada

9. Untuk membuat pelat pada pintu, tutup pintu terlebih dahulu untuk menandai kusen dengan memanfaatkan pengait yang sebelumnya sudah dipasang. Setelah dirasa cukup anda bisa memasang pelatnya. Pastikan terpasang dengan baik agar tidak mudah lepas. Pasang baut pada sisi atas dan bawah pada bagian lubang yang sudah ada..

10. Masukkan dua sekrup ke dalam ke dalam lubang kecil pintu yang sebelumnya sudah di bor dan masukkan baut ke dalam lubang yang lebih besar. Kemudian masukkan dan pasang handle pintu ke dalam lubang yang sudah dibuat. Masukkan sekrup pada lubang yang sudah ada. Kencangkan sekrup dan baut agar handle pintu terpasang dengan baik dan kencang.

Demikian penjelasan tentang Metode Pemasangan Handle Pintu,
semoga bermanfaat bagi yang membaca..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel