-->

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Penanaman Pohon

Disini saya akan menjelaskan Metode Pelaksanaan Pekerjaan Penanaman Pohon 

Teknis Pelaksanaan pekerjaan

A. Pekerjaan persiapan

1. Pembuatan dan pengajuan shop drawing pekerjaan penanaman pohon.
2. Approval material yang akan digunakan.
3. Persiapan material kerja, antara lain : pohon palem, pohon ketapang, pohon glodokan, pupuk, dll.
4. Persiapan alat kerja, antara lain : meteran , benang, cangkul, raskam, dll.

B. Pelaksanaan pekerjaan

1. Melakukan Pengukuran lokasi dan pematokan untuk memplotkan titik-titik penanaman pada  lapangan sesuai dengan gambar rencana Titik-titik penanaman ditandai dengan patok yang  diberi warna pada ujungnya Titik ini merupakan tanda untuk pekerjaan penggalian, pengurugan  dan penanaman.

2. Pembersihan lokasi dari segala sampah (kotoran /puing-puing) dan rintangan lainnya

3. Tanaman yang dibongkar harus dilakukan dengan hati-hati agar akar pada tanaman tidak rusak dan menyebabkan tanaman mati

4. Sisa sampah hasil bongkaran dikumpulkan dan dibuang keluar lokasi proyek.

5. Membuat lubang tanam untuk pohon dengan penggalian tanah menggunakan tenaga manusia dengan kedalam sesuai dengan gambar rencana.

6. Kemudian Lubang galian diisi dengan tanah yang sudah diolah, yaitu tanah humus yang dicampur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1 dan biarkan selama 1 minggu sebelum berlanjut pada proses penanaman. Kemudian tanah galian dicampur kembali dengan pupuk kandang Dengan ukuran 0.043 (±1 karung) untuk 1 pohon.

7. Bibit tanaman berada dalam kondisi siap tanam dan sudah mengalami masa penyesuaian (aklimatisasi). Proses penanaman dimulai dengan pengangkutan material ke lokasi penanaman. Material tanaman diletakkan di sisi lubang tanam, sementara itu lubang tanam diisi tanah hitam. Pada saat pelaksanaan penanaman, bola akar dijaga agar tidak pecah atau mengalami kerusakan, pangkal akar tanah sejajar dengan permukaan tanah dan penegakan batang tanaman dan pemadatan permukaan tanah pada pangkal akar agar pada saat hujan tidak ada genangan air yang dapat Menyebabkan kebusukan akar. Kemudian batang tanaman ditegakkan dan terakhir dilakukan pemberian steger untuk memperkokoh tegakan tanaman. Penstegeran disesuaikan dengan jenis dan tinggi pohon.

Demikian penjelasan tentang Metode Pelaksanaan Pekerjaan Penanaman Pohon 
Semoga bermanfaat bagi yang membaca...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel